Senin, 15 September 2014

rest in peace, eyangti.

"perlahan orang yang kita sayangin bakalan ninggalin kita,ya" - refina.

lagi-lagi, Tuhan mengingatkanku secara halus. Bahwa sebenarnya kematian adalah hal yang paling akrab dalam kehidupan kita. bahwa kematian cepat atau lambat juga akan terjadi kepada kita. dan perlahan orang-orang yang kita sayang juga akan menghadapi kematian.
kurang lebih 4 hari yang lalu, aku mengalami hal yang sama seperti 4 tahun lalu ; melihat lagi orang yang kita sayangi pergi menghadap yang maha Kuasa. meninggalkan kita semua di dunia ini. eyangtiku (nenek dari mama) meninggal dunia 4 hari yang lalu, setelah berjuang bertahan melawan penyakit tuanya.
rasanya kadang masih nggak percaya, karena sebenarnya aku tahu sendiri bagaimana gaya hidup eyangti semasa hidupnya. untuk ukuran umur lansia, eyangti masih sangat rajin berolahraga. rajin ikut mengikuti senam pagi. memang yang menjadi masalah selama ini adalah porsi makan eyangti yang sangat sedikit dan belakangan yang baru ku ketahui kebiasaan tersebut sudah dilakukannya sedari muda, karena eyangti takut gemuk.

dan yang paling membuatku bersedih sekaligus terharu adalah betapa eyangti sangat sayang sama aku. bagaimana eyangti menceritakan tentang aku kepada teman-teman atau saudara yang lain. dan betapa bangganya eyangti sama aku masih bisa survive setelah ditinggal mama 4 tahun lalu.
hal yang paling membuatku menyesal adalah betapa eyangti sebelum detik-detik terakhirnya teramat sangat merindukan aku,adik dan kelima cucu yang lainnya. tetapi karena kami semua disibukkan dengan urusan masing-masing, akhirnya aku baru tiba di solo hari kamis siang kemarin, dan eyangti meninggal kamis malamnya. walaupun lega aku masih bisa berada di samping eyangti hingga detik terakhirnya, tapi aku masih menyesal, andai aku mempercepat keberangkatanku ke solo, mungkin aku masih bisa lama-lama sama eyangti.

dan believe or not, terlepas dari takdir, kata orang-orang memang eyangti sengaja menungguku hingga beliau menghembuskan nafas terakhirnya. Subhanllah, memang nggak ada yang kebetulan ya dalam kehidupan ini :')

selamat jalan eyangti, tidur yang tenang sama mama ya eyangti :)
kami semua sayang sama eyangti, tapi Tuhan ternyata lebih sayang sama eyangti.


foto setahun lalu. time flies :')




Tidak ada komentar: