Jumat, 12 Oktober 2012

eh ternyata

"Eh tau-tau kita udah semester 3 yaa..cepet banget..kemana aja pas semester 2..." kata Andri kemarin, pas masih dengan tampang bertanya-tanya waktu dia terima lembaran evaluasi kegiatan fakultas.
gara-gara omongannya Andri yang sebenernya ngasal itu, aku jadi mikir. Gimana cepetnya waktu itu muter. Buat nengok ke belakang aja nggak mau. Kalau udah berlalu gini, kita sendiri yang akhirnya bengong sendiri, sama seperti ekspresinya Andri kemarin. Terus yang kita lakukan adalah bertanya-tanya atau nggak nyesel sendiri kita ngapain aja ya selama ini. Klasik.
Sudah 1 tahun berarti aku jadi mahasiswi Psikologi Ubaya. Dan dalam 1 tahun itu, perjalanannya nggak segampang kuliah ala sinetron alay macam begitu. Dari penyesuaian sama temen-temen yang nggak cuma beda suku bangsa tapi beda etnis bahkan kewarganegaraan, penyesuaian cara belajar kuliah yang ternyata lebih bikin terengah-engah daripada SMA, penyesuaian sama lingkungannya juga. Terus gimana cara menghargai hasil jeripayah sendiri yang memang 'yauda segitu memang nilai buat kamu gara-gara kamu sendiri kan'. Kadang juga sebel sendiri kalau kerja kelompok sama anak-anak individual yang cuma oke di akademik tapi kalo buat sosialisasi mereka mendadak jadi kaku kayak es. Sebegitu banyaknya saya belajar selama 1 tahun ini. Penyesuaian diri.
Dan tiba-tiba juga, acara maharu cup (ajang lomba antar mahasiswa baru se-ubaya) sudah bakalan mulai lagi. Padahal rasanya, baru kemarin aku sama angkatan 2011 ikut serta di acara ini. gimana senengnya pas band Psikologi menang juara 2 setelah hampir 4 tahun nggak dapet gelar juara. Gimana rempongnya latihan di tengah-tengah puasaan sampe harus mokel segala. Dan angkatan 2011 merupakan angkatan termuda yang masih harus di bimbing untuk diberi motivasi buat ngehadepin dunia perkuliahan.Eh tahu-tahu, angkatan 2011 sudah jadi senior, malah sekarang membimbing adik-adiknya dan ngerasain jadi panitia maharu cup. 
Kemarin juga,waktu habis rapat,sie supporter ngelatih kita buat sekali lagi ngafalin yel-yel Psikologi. Jadi bener-bener keinget setahun lalu :)) ada semangat beda,menurutku. Dimana setahun lalu kalo pas neriakkin yel-yel itu rasanya semangat banget, dan kemarin rasanya ada yang ngganjel. Beda aja gitu..tetep semangat tetapi ada sesuatu yang nahan semangat itu biar keluar lebih banyak lagi.

"ipk.limbera..ayas bugoo..bugabo 2x..ayas sakele mukele ayas bugoo...bugabo 2x..ayas...ayas..ayas..ayas..ayas...ayas !!"

yel-yel khas psikologi, yang beda banget dari fakultas lain...yang bisa bikin semangat anak basket cowok-cowok tahun lalu, rasanya nggak bikin semangat buat aku.

Kamu sudah berkontribusi apa buat Psikologi ? semacam begitu kata yel-yel itu kepadaku

Tidak ada komentar: