Senin, 23 Desember 2013

time flies so fast.

nggak kerasa, kita semua sudah berada di penghujung 2013. time flies. saya masih nggak menyangka kalau semester 5 ini sudah berada di ujung tanduk. 
saya masih ingat jelas perjalanan semester 5 ini ; nyaris nggak dapat kelas kuantitatif, jadi satu-satunya angkatan 2011 yang mengambil mata kuliah psikologi lingkungan dan komunitas kota bersama senior-senior lainnya, dikira 'desperated' gara-gara berani ambil mata kulaih ini. kelimpungan setiap minggu bikin buku saku kuantitatif, tutor sana-sini, survey kampung hijau, ambil data ngetes orang dewasa & anak-anak, hingga menggunakan hari sabtu untuk rapat rutin BEM.

time flies so fast.

saya juga masih ingat, gimana awal minggu perkuliahan beberapa angkatan 2011 mengeluhkan bobot tugas yang setara dengan bobot tugas minggu ke 7 menjelang UTS. gimana anak 2011 bikin petisi menolak PKM yang sempet bikin 'geger' warga Psikologi gara-gara keikutsertaannya sedikit memaksa. inget gimana desperatednya anak-anak 2 minggu kemarin menghadapi kuanti ; ambil data, perhitungan SPSS dan sebagainya. belum lagi bikin laporan assesmen kognitif yang bobotnya nggak setara sama bergadangnya kita. dan tau-tau kita sudah melewati minggu 14, menyongsong UAS.

suatu hari saya pernah ngobrol sama salah satu teman saya ketika menunggu kelas siang sembari nyolong-nyolong nonton film di samping TU. waktu itu saya tanya gini ."eh sekarang kita udah minggu ke berapa sih ? aku lupa."
"minggu ke 8 lik...tapi cepet banget yo..saking cepete aku ngeroso nggak dapet apa-apa semester 5 ini..."
"iya juga yaa..berasa angin aja materi yang masuk ke otak.." saya menyetujui kata-kata teman saya itu. 
waktu terlalu cepat. sangat cepat. setelah ini, sebagian besar dari kami, angkatan 2011 sudah mencar-mencar memilih jalan hidupnya ; mengambil peminatan sesuai lab masing-masing, pilihan lulus 7 atau 8 semester. dan semuanya terasa-sangat-cepat.

ada yang pernah bilang ke saya gini ; 'jalani aja prosesnya, capek itu wajar..tapi semua cerita itu adalah kenang-kenangan ketika nanti kalian sudah berhasil. kalian bakalan kangen masa-masa yang sekarang kalian jalani.'
ya memang dijalani, tapi juga nggak secepat ini kan ?
dan yang saya sadari, ternyata kami semua sudah beranjak dewasa
once again, time flies so fast.

Tidak ada komentar: