Sabtu, 20 Desember 2014

53 weeks ago.

gara-gara lagu kiss the rain-nya yiruma keputer random di laptopku, tiba-tiba pikiranku terlempar tepat setahun lalu, bulan desember juga. bulan dimana aku masih aktif ikut KRISNA (KRISNA itu semacam PAUD begitu, punya nya Psikologi Ubaya), dimana aku pegang buat kelas 3-6 SD. Tahun lalu, aku inget banget temanya KRISNA pas itu adalah bulan olahraga. otomatis, kita para pengajar harus ngajarin apa aja jenis-jenis olahraga, gimana ngelakuinnya *padahalsendirinyaogahogahanolahraga*. yang aku inget waktu itu kita ngajarin sepak bola, formasinya gimana. terus basket juga. entah apalagi aku lupa :))
nah setiap akhir kelas, sebelum mereka pulang, kita ngadain relaksasi. Sebenernya itu ide awalku yang pas itu buntu, mau ngapain akhir kelas. masa cuma berdoa aja. Kebetulan pas itu aku bawa laptop, terus nyari playlist lagu yang sekiranya relaks gitu. Nemulah lagu Yiruma yang Kiss The Rain itu. let me recall ya..kira-kira begini.
  "adik-adik...sebelum pulang kita relaksasi dulu ya..(kalo nggak salah aku ngomong relaksasi apa yoga, aku lupa...)..sekarang ambil posisi duduk bersila ya...kayak orang yoga di tv tv itu lho...." kataku gitu.
  "iya kak......" akhirnya semua anak ambil posisi duduk di bawah lantai, terus duduk sila.
  "oke....tarik nafas dalam-dalam....hembuskan...." kemudian suaraku semakin pelan. semuanya nglakuin apa yang tak perintahkan.
terus, aku buntu kan mau gimana lagi, akhirnya aku nyeletuk, "Coba adik-adik bayangkan wajah orang tua adik-adik...." what the.....kok kedengarannya kayak ESQ begini. tapi karena bingung mau ngomong apalagi, akhirnya aku nerusin aja...dan emang bener...jadinya kayak ESQ...kampret.
   "Coba adik-adik bayangkan kalau orang tua kalian nggak ada...meninggalkan kalian....." Kataku lagi. Terus aku ngeliat mereka ada yang mulai ngeluarin air mata...sialan ini niat relaksasi kok malah kayak gini. Terus ada salah satu temenku, Judith kalo nggak salah langsung bisikin aku. "Lik ini terlalu berat buat mereka...kalo mereka beneran bayangin terus stress sendiri gimana...", akhirnya aku ngalihin mereka ke hal yang lain yang nggak jauh dari topik orang tua..beberapa mereka masih ada yang nangis, bahkan terisak...astaga ngerasa bersalah gini ini -_____-
akhirnya, selesai juga sesi 3 menit-yang-nggak-jelas-itu. "Nah sudah selesai....kalian bisa praktekin di rumah kalau lagi capek kerjain tugas, atau sebelum tidur ya..." kataku, sambil senyum tanpa dosa. "Gimana rasanya, rileks nggak ?"
     "Rileks kak ! Tapi sedih kalau bayangin bapak ibuku meninggal..." Celetuk Intan, waktu itu. Merasa bersalah lagi,awak....
Akhirnya, tiba waktunya mereka pulang. Salah satu anak waktu itu bilang gini. "Kak minggu depan kayak gini lagi yaa...". 
Memang pada akhirnya 2 minggu terakhir pertemuan di bulan Desember setiap mau pulang mereka bakalan relaksasi kayak gitu. gak paham juga mereka jadi ketagihan :)) ampuni kakakmu yang sesat ini ya dik........
sampai aku keluar dari Krisna, kalau nggak salah awal-awal tahun ini, pas papasan sama mereka, mereka mesti bilang. "Lho kak Ully nggak Krisna lagi ya ? Kan pengen yoga kayak biasanya, kak..."Kalau nggak salah, Intan yang bilang gitu.

Btw, jadi kangen mereka :'). sukses ya adik-adik kesayangan kak ulik.
 

Tidak ada komentar: